Tentang manipulasi REGEDIT pada Operating system Windows


Selasa, 15 April 2014




Bermula dari rasa penasaran saya sebagai penulis. sampai mencari referensi dari beberapa sumber di internet untuk mengoprek program registery pada OS windows. maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit rahasia regedit pada anda. pada dasarnya masih banyak lagi perintah-perintah diluar hal yang saya tulis ini. namun anda bisa mencari lagi keluar situs ini jika hal ini menurut anda tidak cocok dengan apa yang anda cari.
Adapun Hal yang ingin saya bagikan tentang regedit adalah sebagai berikut :

  • Cara mudah mengirim pesan ke komputer lain di jaringan, yakni menggunakan Console Message.Buka Control PanelAdministrativeTools|Computer Management|Action|All Task|Send Console Message. Ketik teks yang hendak dikirim, tambahkan namakomputer yang hendak dituju dan klik Send.

  • Mempercepat tampilan Start Menu:Buka Registry Editor (ketikkan “regedit” tanpa tanda petik di kotak dialog Run). Masuk dalam direktori HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop. Klik ganda value yang bernama MenuShowDelay, ganti angka yang ada menjadi 100.Dengan cara ini, maka delay tampilan Start Menu semakin singkat.
  • Menghilangkan tanda panah pada icon shortcut di desktop:Caranya, masuk ke registry editor dengan mengetik “regedit” tanpa tanda petik di kotak dialog Start|Run. Masuk ke dalam direktori HKEY_CLASSES_ROOT\Lnkfile. Hapus value IsShortcut. 85
  • Menghilangkan nama icon pada desktop:Klik kanan icon tersebut, dan pilih Rename. Tekan tombol Alt dan numeric key 255. Kemudian tekan Enter.
  • Ada utility dalam Windows XP Pro Edition yang jarang digunakan, yakni gpedit:Jalankan utility ini dengan mengetikkan “gpedit.msc” tanpa tanda petik di kotak dialog Run dan tekan Enter. Utility ini bisa digunakan untuk setiap tool dan komponen yang ada di Windows. Coba satu per satu setting yang Anda inginkan kemudian perhatikan hasilnya.
  • Gunakan utility klasik chkdsk untuk men-scan harddisk dan memperbaiki error yang ditemui.Caranya, klik Start |Run dan ketikkan “chkdsk c:/f” tanpa tanda petik untuk men-scan dan memperbaiki drive C. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang fitur dalam chkdsk, ketikkan “chkdsk /?”.
  • Hilangkan Drive Pada Komputer Hal ini dapat dilakukan dengan maksud orang lain tidak bisa akses data komputer anda Ikutilah langkah berikut.Klik Start----->Run, ketikkan regedit lalu tekan Enter.Anda bisa menyembunyikan drive pada My Computer dengan cara masuk ke :Key : HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\ExplorerValue Name : NoDrivesData Type : REG_DWORDData :Pada data bisa Anda isi dengan drive yang ingin Anda sembunyikan. Adapunnilainya adalah :A: 1, B: 2, C: 4, D: 8, E: 16, F: 32, G: 64, H: 128, I: 256, J: 512, K: 1024,L: 2048, M: 4096,N: 8192, O: 16384, P: 32768, Q: 65536, R: 131072, S: 262144, T: 524288, U:1048576,V: 2097152, W: 4194304, X: 8388608, Y: 16777216, Z: 33554432, ALL: 67108863
  • Mematikan Network Control panel Jika Anda meng-enable setting ini maka pemakai tidak akan dapat mengaksesNetwork pada ontrol panel.Ikutilah langkah berikut.Klik Start---->Run, ketikkan regedit lalu tekan Enter.Key: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\NetworkValue Name:NoNetSetupData Type: REG_DWORDData: (0 = disabled, 1 = enabled/sembunyikan)
  • Menghilangkan Tab Change paswords Jika Anda meng-enable setting ini maka pemakai tidak akan dapat mengubahpaswords.Ikutilah langkah berikut:Klik Start---->Run, ketikkan regedit lalu tekan Enter.Key: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\SystemValue Name: NoPwdPageData Type: REG_DWORDData: (0 = disabled, 1 = enabled/sembunyikan)
Menambah kecepatan pada network Start -- > RunKetik "regedit" (tanpa koma)Kemudian cariHKEY_LOCAL_MACHINE/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer/RemoteComputer/NameSpaceDibawah cabang dari file tersebut pilih key{D6277990-4C6A-11CF-8D87-00AA0060F5BF} dan delete.Baryy Putra

0 komentar: